Jumat, 28 Januari 2011

Ayo Bermain Ansambel Musik Sekolah - Bagian 1


Ayo Bermain Ansambel Musik Sekolah - Bagian 1
(Materi Ansambel Musik Sekolah Untuk Siswa SMP)
Oleh : Riza Yoga Darmawan, S.pd

Pada bagian pertama ini, saya akan menjelaskan tentang materi teori dan pengenalan ansambel musik sedrhana untuk sekolah, bisa diajarkan untuk siswa SD, SMP, bahkan bisa juga untuk Siswa SMA.
Ansambel secara umum diartikan bermain musik bersama-sama. Ensemble (Prancis) juga berarti kelompok musik dalam satuan kecil atau permainan bersama dalam satuan kecil alat musik (Banoe, 2003: 133).
Dalam kaitannya dengan kegiatan ansambel musik, sering pula kita gunakan pengelompokan musik atas dasar fungsi atau perasannya di dalam permainan. Menurut peranan dan fungsinya alat – alat musik yang digunakan dalam bermain musik ansambel dapat dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut :
1. Alat Musik Melodis
Alat musik melodis yaitu alat musik yang berfungsi untuk memainkan rangkaian susunan nada – nada merupakan melodi lagu. Contoh alat musik melodi yang dapat kita jumpai dalai dan mudah untuk dipelajari siswa adalah Recorder dan Pianika. karena selain murah, siswa juga dirasa tidak terlalu sulit untuk memainkan alat musik ini.
2.
Alat Musik Harmonis
Alat musik harmonis yaitu alat musik yang berfungsi untuk mengiringi perjalanan melodi lagu ( dengan menggunakan akor – akor tertentu ), yang termasuk alat musik harmonis yang mudah dijumpai dan dapat dimainkan siswa seperti Piano(Keyboard), Gitar, dan dapat juga terdiri atas tiga unsur pianika yang memainkan perbedaan nada sehingga membentuk akord.
3. Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis yaitu alat musik yang berfungsi sebagai
Pengatur jalannya irama musik atau mengatur lagu, contohnya disini kita dapat menggunakan Senar drum atau Tamborin.
Dalam bermain Ansambel Musik dibutuhkan kekompakan antar bagian, oleh karena itu sebelum memulai praktek setiap kelompok bagian akan memiliki satu ketua kelompok yang bertugas mengkoordianasi, baik itu bagian, melodis, harmonis ataupun ritmis. sedangkan untuk komposisi pemain, untuk jumlah siswa dalam kelas yang lebih dari 20 orang dapat kita pecah menjadi 2 grup ansambel musik.
Demikian penjelasan singkat saya tentang ansambel musik, untuk penjelasan lebih lanjut akan saya lanjutkan pada bagian ke 2. semoga bermanfaat dan terus belajar dan mari berkarya.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...