Selasa, 25 Januari 2011

Peranan Pelajaran Seni Musik Terhadap Kreatifitas dan Pengembangan Diri Siswa

Peranan Pelajaran Seni Musik 
Terhadap Kreatifitas dan Pengembangan Diri Siswa
    Oleh : Riza Yoga Darmawan,S.Pd

          Suatu ketika saya berpikir, bseberapa penting sebenarnya mata pelajaran seni budaya khususnya musik terhadap kreatifitas dan pengembangan diri siswa. namun setelah saya mengalami menjadi guru, walaupun masih magang pada saat itu terjawab sudah semua pertanyaan saya, bahwa ternyata musik sangatlah  penting dan besar peranannya terhadap kreatifitas dan pengembangan diri siswa.
         Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa contoh kecil yang nyata dalam kehidupan sehari - hari. Ketika siswa merasa bosan dengan salah satu mata pelajaran, maka di dinyanyikanlah sebuah lagu.kemudian siswa merasa bersemangat dan kembali fresh untuk mengikuti pelajaran berikutnya. Pendidikan seni musik pada hakekatnya memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk manusia seutuhnya. Melalui pembelajaran yang terarah seni musik dapat dijadikan sebagai alat media guna membantu mencerdaskan kehidupan, mengembangkan manusia yang berbudaya yang memiliki keseimbangan otak kanan dan kirinya (keseimbangan akal, pikiran, dan kalbunya), dan memiliki kepribadian yang matang. 
       Rien (1999:1) mengemukakan tentang pendapat para pakar pendidikan yang menyatakan bahwa seni musik mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan seorang siswa. Siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan seni musik, selain dapat mengembangkan kreativitas, musik juga dapat membantu perkembangan individu, mengembangkan sensitivitas, membangun rasa keindahan, mengungkapkan ekspresi, memberikan tantangan, melatih disiplin dan mengenalkan siswa pada sejarah budaya bangsa mereka. 
     Pendidikan seni musik juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi, keseriusan, kepekaan terhadap lingkungan. Untuk menyanyikan atau memainkan musik yang indah, diperlukan konsentrasi penuh, keseriusan, dan kepekaan rasa mereka terhadap tema lagu atau musik yang dimainkan. Sehingga pesan yang terdapat pada lagu atau musik bisa tersampaikan dan diterima oleh pendengar. Berdasarkan beberapa pandangan tentang fungsi pendidikan seni musik bagi siswa yang sejalan dengan pendekatan “Belajar dengan Seni, Belajar Melalui Seni, dan Belajar tentang Seni”, berikut ini dikemukakan secara urut fungsi pendidikan seni musik sebagai sarana atau media ekspresi, komunikasi, bermain, pengembangan bakat, dan kreativitas. 
   Dari berbagai pandangan diatas maka pada hakekatnya pelajaran seni musik dapat menunjang bebreapa pelajaran lain dan dapat menngkatkan tingkat konsentrasi, komunikasi, pengembangan bakat, pengembangan diri, serta kreativitas siswa. Tentunya hal ini juga perlu didorong oleh kinerja guru yang baik dan kompatible serta metode pengajaran yang tepat agar siswa mencapai target optimal dalam proses KBM.
 

1 komentar:

  1. terimakasih, sangat membantuku dalam membuat artikel tentang fungsi pendidikan dalam seni musik

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...