Rabu, 26 Januari 2011

Jangan Pernah Takut Belajar Musik

Jangan Pernah Takut Belajar Musik
Oleh : Riza Yoga Darmawan, S.Pd

Pertama kali yang terlintas saat seseorang ingin belajar musik adalah sulit, rumit, dan membingungkan padahal sebenarnya belajar musik itu sangatlah mudh asal si pelajar tekun dan disiplin. Musik atau musikologi adalah ilmu yang membutuhkan kedisiplinan serta ketrampilan atau skill yang mumpuni. Ketrampilan tanpa disiplin tidak mungkin menghasilkan hasil yang optimal, oleh karena itu dalam belajar musik bakat bukanlah hal yang utama.
Pernah suatu ketika, seorang siswa bertanya kepada saya, "bapak berapa lama belajar bermain recorder pak?" saya jawab "4 tahun, tapi saya akan ajarkan kalian dan kalian bisa dalam waktu 3 bulan", kemudian semua siswa mengeluh "haaaah, mana bisa pak" jawabannya adalah "Tentu saja bisa" dengan catatan belajarnya harus disiplin. karena sebenarnya kedisplinan lah kunci utama sebuah kesuksesan dalam segala hal. Dan nyatanya setelah tiga bulan siswa yang telah saya ajarkan dapat bermain ansambel musik dengan komposisi alat musik sekolah.
Dalam belajar musik ada 4 hal yang harus diperhatikan, disini akan saya jelaskan satu persatu :
  1. Ketekunan
  2. Kedisiplinan
  3. Semangat
  4. Bakat
Ketekunan
ketekunan berati ketelitian dan keasaan dalam belajar musik. hal ini menjadi pondasi dalam belajar apapun.

Kedisiplinan
Kedisplinan disini berarti kedisiplinan dalam berbagai hal, yaitu kedisiplinan belajar, kedisiplinan alat, dan kedisplinan mental.

Semangat
Semangat merupakan penambah rasa percaya diri dalam belajar musik. dengan semangat, kita akan merasa bahwa kita harus bisa dan kita pasti mampu.

Bakat
Bakat adalah hal terakhir dalam bermain musik, karena belajar musik memang membutuhkan filling dan bakat musikalitas. namun pada dasarnya semua orang di dunia pasti memeiliki bakat, karena menurut gardner bahwa musik termasik salah satu dari multiple intelegencies yang dimiliki manusia.

Dari penjelasan singkat diatas, maka jangan pernah takut belajar musik. karena pada dasarnya kita akan bisa jika kita berusaha. semoga artikel ini berguan sebagai penyemangat. mari belajar dan terus berkarya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...