Rabu, 02 Februari 2011

Ayo Bermain Ansambel Musik Sekolah - Bagian 3

Ayo Bermain
Ansambel Musik Sekolah - Bagian 3
(Materi Ansambel Musik Sekolah Untuk Siswa SMP)
Oleh : Riza Yoga Darmawan, S.pd



Setelah 2 bagian sebelumnya pada materi ansambel musik sekolah sekarang adalah bagian terakhir, yaitu mengetahui materi mengenai alat musik ritmis dan harmonis, untuk lebih jelasnya mari kita bersama - sama mengulas kembali.
apakah fungsi alat musik harmonis? alat musik harmonis berfungsi sebagai alat musik pengiring dari sebuah ansambel, dalam ansambel musik sekolah alat musik harmonis biasanya diisi oleh gitar atau tiga suara pianika yang masing - masing membunyikan suara berbeda dan menghasilkan akord.
sedangkan alat musik ritmis, dalam ansambel musik sekolah bisa diisi senar drum, atau bisa juga diisi dengan simbal. dalam hal ini alat musik ritmis berfungsi sebagi hitungan/tempo dan penanda. peranan alat musik ritmis dalam ansambel musik sekolah penting halnya karena jika dalam ritmis kacau makai kelompok harmonis dan melodis juga akan kacau.
demikian yang dapat saya sampaikan dalam materi terakhir ansambel musik sekolah. semoga ilmu yang sedikit ini dapat bermanfaat. mari belajar dan terus berkarya.
Selamat Bermain ansambel..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...