Senin, 04 April 2011

Memperkenalkan Media Rekam Sederhana Sebagai Materi Ekstrakurikuler di SMP

Memperkenalkan Media Rekam Sederhana
Sebagai Materi Ekstrakurikuler di SMP
Oleh : Riza Yoga Darmawan, S.Pd



Dalam seni musik, media rekam bukan hal yang asing untuk diketahui. jika dilihat dari sejarah perkembangan media rekam, di Indonesia media rekam terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media untuk merekam musik terus berkembang dari masa ke masa. Perkembangannya mulai dari piringan hitam, kaset, cakram padat (CD), sampai mp3. Di Indonesia sendiri media perekam tersebut sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, beberapa dari media perekam tersebut mulai tidak digunakan lagi secara umum, kecuali untuk mereka yang mencintai dan mengoleksinya.

Dengan perkembangan IT yang sangat maju sekarang ini banyak sekali media untuk merekam musik baik suara maupun video yang sangat mudah untuk kita gunakan. misalnya handphone, Handycam, Camera Digital, mp3 player(yang memeiliki fasilitas record), dan beberapa gadget lain. selain beberapa alat diatas, media rekam sederhana yang paling canggih dan dapat digunakan oleh profesional adalah komputer dengan software rekam yang sekarang ini mudah didapatkan, misalnya Cool Edit Pro (berbagai versi), Adobe Audition, Mixcraft, Cube, Dll
tentunya perkembangan ini harus dapat kita manfaatkan dengan memperkebalkan media rekam dalam materi ekstrakurikuler di Sekolah sehingga siswa mampu mengoperasionalkan dan mengerti cara menggunakan media rekam dengan baik dan benar. dengan mengerti dan dapat mengoperasikan media rekam, maka diharapkan kreatifitas siswa dapat meningkat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...