Sabtu, 30 April 2011

Optimalisasi Penggunaan Internet Sebagai Sarana Penunjang Sistem Administrasi Kependudukan di Kabupaten Kudus

Optimalisasi Penggunaan Internet Sebagai Sarana Penunjang Sistem Administrasi Kependudukan di Kabupaten Kudus
(Oleh : Riza Yoga Darmawan, S. Pd)
            
                 Cyber city adalah kota yang masyarakatnya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dalam menunjang aktifitas bisnis, pemerintahan dan sosial kemasyarakatan (simmandiri.com). Implikasi IT dan Internet kepada bidang Pemerintahan agak kurang banyak dibahas, meskipun istilah e-government sering muncul dalam tulisan dan pemberitaan. IT dan Internet memaksa pemerintah untuk menjalankan pemerintahan dengan transparan. Pejabat-pejabat harus dapat dihubungi melalaui e-mail. Birokrasi untuk melakukan pelaporan dapat dikikis dengan menggunakan Internet. Aplikasi IT yang berhubungan dengan pemerintahaan adalah aplikasi yang dapat mendekatkan pejabat dengan rakyatnya. Town house meeting dapat dilaksanakan melalui teleconferencing. Demonstrasi dari mahasiswa dan rakyat dapat dikurangi atau bahkan dihindari bila mereka dapat melakukan dialog (baik secara tatap mata maupun secara elektronik) dengan para pejabat. Mengapa tidak menggunakan teleconferencing dimana rakyat langsung dapat menghadap dan berdialog dengan pejabat, meskipun letak fisik diantara keduanya cukup jauh.
                 Tujuan e-government adalah untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak lain. Bentuk-bentuk hubungan pemerintahan dalam pemanfaatan IT antara lain : G2C ( goverment to citizen ) , adalah pemanfaatan IT untuk melayani kebutuhan masyarakat luas, misalnya melayani kependudukan dan administrasi. G2B ( government to business ) adalah pemanfaatan IT untuk melayani kebutuhan dunia usaha , misalnya pengurusan izin usaha, permintaan data statistik yang dibutuhkan pengusaha dsb. G2G ( goverment to goverment ) adalah pemanfaatan IT untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau dibawahnya.
                  Di kabupaten kudus sendiri hal ini sudah mulai dimulai dari G2C ( goverment to citizen ) , adalah pemanfaatan IT untuk melayani kebutuhan masyarakat luas, misalnya melayani kependudukan dan administrasi., dalam hal ini telah diterapkannya e-KTP dan pembuatan KTP dan KK yang cukup dapat diurus di kantor kepala desa dan kelurahan dengan SIAK. kemudahan - kemudahan ini tentunya sangat membantu warga dalam mengurus administrasi kependudukannya.  
                  Selain itu tersedianya ruang publik yang dimanfaatkan untuk Hotspot Area (Wifi) juga mendukung adanya transparansi informasi di kabupaten kudus, sehingga masyarakat secara terbuka mengetahui keadaan kota kudus. setiap kecamatan juga bahkan telah memiliki web yang dapat diakses untuk mengetahui hal-hal terbaru yang terjadi di lingkungan warga masyarakat kudus.
                  Kudus juga memiliki feature informasi ketenagaakerjaan dengan adanya informasi lowongan kerja di dalam web resmi Pemerintah daerah Kudus, sehingga walaupun hanya sedikit tentunya hal ini telah membantu warga kudus memperoleh banyak informasi yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat, serta murah. 
                 Semoga Pemenfaatan dan Optimalisasi Sistem yang telah dikembangkan di kota kudus ini semakin berkembang dan terus dipertahankan kemajuannya. Jaya Kota Kretek. Mari belajar dan Terus Berkarya!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...