Sabtu, 30 April 2011

Pemanfaatan YM (Yahoo Messenger) sebagai media E - Learning.

Pemanfaatan YM (Yahoo Messenger) sebagai media E - Learning
(Oleh : Riza Yoga Darmawan, S.Pd)
                 Salam Karya, 
                 Pertama muncul pemikiran ini ketika saya sedang chat menggunakan fasilitas webcam, audio call, dan confrence dengan beberapa teman saya sewaktu kuliah. Akhirnya terceletuk kata, "kenapa tidak kita buat saja sekolah di YM". memang rasanya aneh ketika fasilitas YM digunakan sebagai media e-learning, namun jika dilihat efektifitasnya saya rasa YM dengan fasilitasnya mampu mengakomodasi virtual learning dengan siswa yang memiliki keterbatasan jarak. misal saja digunakan antar pulau seperti kabupaten tetangga (Jepara).
                Kita dapat mensiasati jarak dengan media ini. Misal sekolah A di karimunjawa kekuarangan guru Seni Musik. sedangkan guru seni musik yang diperbantukan mengajar di kota jepara. bisa dimanfaatkanlah media ini dengan biaya yang murah kualitas pembelajarn tetap baik. dan lebih menarik. 
                  Program ini akan selaras dengan berbagai program untuk pendidikan sekarang yang sedang giat dilaksanakan, yaitu Indonesia mengajar. dengan media ini katakanlah pulau terpencil di nusantara kekurangan guru. maka dapatlah kita gunakan media ini sebagai penunjang pembelajaran. dengan jadwal tatap muka via YM yang sudah dijadwalkan. sehingga siswa tidak perlu khawatir kekuarangan guru.
                  Semoga gagasan singkat ini akan memberikan inspirasi bagi pembaca sekalian untuk semakin inovatif dalam mengajar. Mari Belajar dan Terus Berkarya!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...